Selasa, 20 September 2016

Bagaimana memulai usaha Jasa Bordir Komputer atau Manual?


Pertumbuhan populasi penduduk di Indonesia yang sudah melewati angka lebih dari 250 juta manusia merupakan pasar potensial yang sangat besar. Hal ini bisa memberikan peluang- peluang usaha baru. Peluang usaha bordir pun bisa menjadi salah satu pilihan peluang usaha yang menjanjikan di masa kini dan masa depan.

Usaha bordir merupakan salah satu usaha yang prospektif karena memiliki segmen calon konsumen yang sangat luas. Apalagi saat ini media promosi semakin mudah diperoleh dengan bantuan teknologi seperti internet yang membantu menjangkau informasi dan promosi sampai menjangkau ke seluruh Indonesia.
Usaha bordir juga tidak  mengenal musim sehingga banyak pelaku usaha  tidak ragu untuk terjun ke usaha ini. Bagi Anda yang ingin memulai menjalankan usaha jasa bordir, kami berikan gambaran cara menjalankan usaha jasa bordir  sebagai panduan untuk memulai dan untuk melancarkan usaha bordir Anda.

A. Tahap persiapan memulai Usaha Jasa Bordir



1. Pilih Mesin Bordir Anda


Ada 2 macam mesin bordir, yaitu mesin bordir manual dan mesin bordir komputer.

•Mesin bordir manual

Mesin bordir manual adalah mesin bordir yang digunakan secara manual dengan pengoperasiannya sepenuhnya mengandalkan kemampuan SDM (sumber daya manusia) atau si pemakai mesin. Jadi pembordiran akan mengikuti pembentukan pola yang sudah digambar pada kain yang akan di bordir oleh SDM tersebut.

Proses kerja dengan menggunakan  mesin bordir manual sangat tergantung oleh ketrampilan dan kelihaian pemakainya. Kelihaian pemakai ini akan mempengaruhi cepat lambat hasil pekerjaan bordir dan bentuk dari kreatifitas bordir yang dihasilkan.

•Mesin bordir komputer

Mesin bordir komputer adalah mesin bordir yang pengoperasiannya dibantu sistem computer sehingga pada pengaturan pola bordir dibantu menggunakan software computer. Proses pengerjaan dengan mesin bordir komputer lebih cepat,akurat, hasil lebih rapi dan bisa menghasilkan kuantitas bordir yang lebih banyak dalam sekali pengerjaan jika dibandingkan dengan menggunakan mesin bordir manual.  

== Baca juga :  Apa bedanya mesin bordir manual dan bordir komputer ?

2. Siapkan modal


Modal pastinya diperlukan untuk memulai menjalankan suatu usaha.Mesin bordir memang terbilang tidak murah, untuk itu modal merupakan hal utama yang harus disiapkan. Namun, tidak perlu berkecil hati, karena modal bisa didapatkan tidak hanya melalui ‘kantong pribadi’.

Modal bisa saja diperoleh dengan  melakukan pinjaman kepada pihak Bank/Lembaga Keuangan, modal dari investor, kerjasama dengan sponsor atau dengan membeli mesin bordir bekas/second berkualitas yang memiliki kondisi baik dan layak dipakai atau bahkan bisa kredit mesin bordir di toko-toko kredit mesin bordir.

Modal lain yang dibutuhkan seperti modal tenaga kerja yang akan mengoperasikan mesin bordir komputer

== Baca juga : Cara Membuat Bordiran Manual & Bordir Komputer


3. Persiapkan tempat, peralatan dan perlengkapan usaha


Untuk memulai usaha bordir pastikan anda memiliki tempat usaha. Tempat usaha tersebut menyesuaikan juga pada jenis mesin bordir yang akan digunakan.

Jika hanya menggunakan mesin bordir 1 atau 2 kepala, maka tidak perlu mempersiapkan tempat yang terlalu besar.Akan tetapi jika anda ingin memulai usaha bordir dengan mesin bordir komputer 6-12 kepala, maka butuh tempat yang memadai untuk menempatkan mesin bordir. 

mesin bordir 12 kepala

mesin bordir 6 kepala

mesin bordir 1 kepala

Peralatan dan perlengkapan lain yang dibutuhkan adalah perlengkapan yang berhubungan dengan proses pengukuran dan proses potong kain seperti gunting,kertas dan penggaris dan lain-lain serta peralatan administratif seperti buku untuk catatan, kwitansi, meja kasir jika diperlukan serta perlengkapan pendukung lainnya.

B. Analisa dan Strategi Pemasaran Usaha Jasa Bordir


Berikut beberapa analisa atau pengamatan awal serta strategi dasar yang sebaiknya dipersiapkan dalam melakukan pemasaran usaha jasa bordir.


1. Melihat sekitar dan menentukan target market


Untuk melihat potensi pasar, disarankan melihat potensi yang terdekat yang ada disekitar anda terlebih dulu. Perhatikan lingkungan sekitar anda dengan memperhatikan beberapa poin-poin seperti berikut :

a.“Ada berapa jumlah usaha yang kemungkinan membutuhkan jasa bordir?” Misalkan dilingkungan sekitar ada usaha pembuatan celana jeans,topi, kaos dan lain sebagainya.

b.“Adakah institusi yang membutuhkan jasa bordir disekitar anda?”
Misalkan berapa jumlah sekolah atau perusahaan (kantor,pabrik) yang ada disekitar anda yang mungkin membutuhkan jasa bordir untuk seragam atau kelengkapan sekolah lainnya?

c.“Adakah segmen atau profesi yang membutuhkan jasa bordir di sekitar anda?” 
Misal: Adakah dilingkungan anda klub sepakbola yang membutuhkan jasa bordir untuk kaos teamnya?

2. Lakukan Pemasaran di berbagai media


Pemasaran adalah hal yang sangat penting dalam menjalankan usaha. Lakukan pemasaran secara online maupun offline untuk mempromosikan jasa bordir anda.Contoh pemasaran menggunakan media offline seperti menyebarkan brosur,memasang spanduk usaha, memasukkan proposal usaha ke institusi, iklan Koran dan lain sebagianya.

Promosi online dengan menggunakan media seperti internet,iklan radio,iklan di televisi lokal atau bahkan stasiun tv nasional. Lakukan pemasaran secara kontinyu, karena dengan promosi seluas luasnya lah usaha jasa bordir anda bisa berkembang dengan cepat dan maju.

Dengan memaksimalkan promosi usaha,  maka usaha yang Anda bangun akan cepat sampai kepada masyarakat yang membutuhkannya. Hal ini berguna untuk memperluas jaringan usaha anda dengan tetap memperhatikan hal-hal seperti berikut ini:

• Jaga kualitas hasil jasa bordiran anda dengan baik

Kualitas yang baik memang bisa berdampak pada harga jasa yang mahal.Namun, mungkin tidak akan berdampak buruk bagi kelangsungan usaha Anda. Memberikan kualitas baik dengan batasan harga yang murah bisa Anda berikan. Setelah itu jalinlah kekeluargaan klien anda yang  merasa puas agar nantinya akan selalu menggunakan jasa Anda.

• Pertahankan jalinan bisnis yang sudah terbangun

Dengan membangun rasa kekeluargaan dan relasi yang baik dengan klien maka kita akan mendapatkan kemudahan untuk berinteraksi dan memperluas jasa yang kita berikan.Karena salah satu promosi terbaik adalah testimony dari “ mulut ke mulut”.Artinya jasa anda akan direkomendasikan oleh klien anda yang puas dengan jasa anda kepada orang lain atau rekanan dari klien anda tersebut. Dengan terbangunnya jalinan yang baik ini dengan sendirinya membantu anda mendapatkan pelanggan tetap.

Begitulah dasar-dasar sebagai gambaran untuk memulai usaha jasa bordir.

Semoga bermanfaat.







Load disqus comments

0 komentar