Minggu, 13 November 2016

Kenali Teknik-Teknik Membordir

Menurut Wikipedia, bordir atau sulaman adalah hiasan yang dibuat di atas kain atau bahan-bahan lain dengan menggunakan jarum jahit dan benang.Saat ini media yang digunakan untuk membordir tidak hanya dari kain saja, tetapi bermacam-macam seperti topi,bahan sintetis pada jaket,rompi bahkan bordir juga bisa dilakukan di media karpet. Hiasan sulaman atau bordir juga tidak hanya benang, tapi dapat juga menggunakan bahan-bahan seperti manik-manik,potongan logam,bulu burung,mutiara dan payet.

Berdasarkan cara melakukan teknik bordir, ada 2 cara yaitu dengan menggunakan tangan dan dengan mesin. Berikut ini adalah teknik-teknik membordir dengan menggunakan dua macam cara tersebut.

A. Membordir dengan Tangan

Yaitu sulam atau bordir yang proses pembuatannya dikerjakan dengan tangan. Jenis tusuk yang dipakai pada sulam tangan ini bervariasi.Sedikitnya ada 13 macam jenis tusukan menggunakan tusuk sulam tangan,yaitu:

1.Tusuk balik atau tusuk tikam jejak.Tusuk jenis ini biasanya digunakan untuk membentuk garis,membuat tangkai serta untuk menjahit lipatan dan menyambungkan kain. 

2.Tusuk batang atau tangkai. Tusuk tangkai biasanya digunakan untuk membuat batang, ranting serta berguna untuk mengisi bidang 

3.Tusuk rumani. Jenis tusuk ini biasa digunakan untuk membuat daun dan bunga-bunga serta bertujuan membentuk bidang yang panjang.

4.Tusuk rantai. Jenis tusuk ini bertujuan untuk membuat garis pembatas, dahan dan ranting

5.Tusuk bunga. Tusuk jenis ini digunakan untuk membuat bentuk bunga.

contoh teknik tusuk dengan tangan


6.Tusuk daun. Tusuk daun biasa dipakai untuk membuat berbagai bentuk daun

7.Tusuk veston. Jenis tusuk ini biasa digunakan untuk membuat lubang kancing,bunga dan juga dipakai untuk memperkuat serta menghias bagian tepi kain

8.Tusuk flanel. Jenis tusuk ini biasa digunakan untuk membuat bentuk hiasan tepi dan garis pembatas.

9.Tusuk datar. Tusuk datar biasa digunakan untuk membuat bentuk bunga, daun, dan mengisi bidang

10.Tusuk bullion. Jenis tusuk ini bisa digunakan untuk membuat bentuk bunga kecil dan hiasan bulir-buliran.

11.Tusuk satin. jenis tusuk ini biasanya dipakai untuk membuat helai daun serta bentuk-bentuk bebas

12.Tusuk lurus. Tusuk lurus digunakan untuk membuat bentuk rumput dan bunga

13.Tusuk jelujur. jenis tusuk ini cukup dikenal dan banyak dipakai kalangan penjahit.Jenis tusuk ini biasanya digunakan untuk membuat garis dan menjelujur sambungan dan lipatan kain.

B. Membordir dengan Mesin Bordir

Yaitu sulam atau bordir yang proses pembuatan atau pengerjaannya dikerjakan dengan mesin, bisa menggunakan mesin jahit, mesin bordir maupun mesin bordir komputer. Variasi teknik bordir menggunakan mesin bordir hanya sedikit saja. Macam-macam teknik bordir menggunakan bordir mesin adalah :

1. Tusuk lurus. Tusuk lurus biasa digunakan sebagai kerangka motif awal sebelum dibordir dan juga untuk membuat isian pada motif kemudian juga untuk mengisi bidang yang lebar serta untuk membuat motif yang berbentuk garis baik garis lurus maupun lengkung

2. Tusuk zig-zag. Jenis tusuk ini digunakan untuk menunjang berbagai bentuk motif seperti bentuk geometris,motif berupa garis, bentuk flora fauna, dan sebagainya.
 
contoh hasil bordir komputer

-------

Jika anda berminat membuka usaha jahit, tekstil, bordir manual atau bordir komputer berkelas, maka anda bisa memesan mesin jahit atau mesin bordir berkualitas dengan menghubungi kami dengan kontak di bawah :

• Yusro Widiastomo : 08122747904
• Melayani             : Penjualan mesin bordir manual dan komputer dan juga pelatihan teknik serta operator mesin bordir.

-------
Load disqus comments

0 komentar