Kamis, 01 Desember 2016

Tahapan Kerja Usaha Bordir Yang Perlu Diketahui

Tahapan Kerja Usaha Bordir Yang Perlu Diketahui - Kerajinan bordir merupakan salah satu sektor usaha sandang unggulan yang bisa menghasilkan pendapatan usaha sampai dengan jutaan rupiah.Sudah banyak daerah di Indonesia yang memiliki sentra bordir dimana sebagian masyarakatnya memiliki usaha bordir.

Usaha bordir masuk dalam kategori usaha bidang seni fashion atau sandang yang tidak pernah berhenti kebutuhannya. Pasar konsumennya pun semakin luas dan terus tumbuh karena kebutuhan mulai dari pengguna atau pemesan langsung (user),pelaku usaha mulai dari usaha dalam skala UKM sampai dengan perusahaan besar seperti garment.

Teknik bordir pun mulai berkembang seiring perkembangan teknologi. Dahulu teknik membordir masih menggunakan teknik manual yang bergantung keahlian sumber daya manusianya. Saat ini usaha bordir sudah banyak menggunakan mesin bordir. Akan tetapi secara teknis, tahapan kerjanya hampir sama.

Ada beberapa tahapan dalam mengerjakan usaha bordir. Tahapan ini memberikan gambaran bagaimana memulai usaha bordir.
Secara garis besar dibagi menjadi 10 tahapan kerja :

1. Menyiapkan peralatan dan bahan yang diperlukan.

Jika menggunakan mesin bordir manual atau komputer maka persiapkan mesin bordirnya dan cek kesiapan kelistrikan termasuk alat penggerak mesin seperti dinamo. Persiapkan juga alat-alat pendukung bordir seperti gunting,penggaris,jarum, alat pembersih minyak atau kotoran dan bahan pendukung seperti benang dan kain keras atau kain kapas untuk alas bordir atau bahan lain yang diperlukan.

kain keras untuk alas bordir.ada beberapa jenis bahan dan ketebalan yang berbeda


2. Membuat desain motif.  Jika membordir secara manual,menggambar desain motif bisa dikerjakan dengan tangan mengikuti pola yang sudah ada.Jika membordir menggunakan mesin bordir komputer, persiapkan desain motif ke software bordir (wilcom).

3. Menjiplak atau menempatkan desain motif pada kain yang hendak dibordir.Jika menggunakan mesin bordir komputer, pastikan punching pada desain motif sudah sesuai.

4. Memasang kain yang sudah diberi motif pada ring.Jika menggunakan mesin bordir komputer,siapkan penempatan posisi untuk tusukan jarum pertama kali sesuai desain bordir pada komputer.

5. Menentukan dan memasang benang bordir pada mesin bordir. Desain warna bordir bisa sampai 9 jenis warna. Jadi pastikan posisi benang sudah sesuai dengan desain punching-nya.
benang bordir dengan aneka warna
contoh kode warna benang bordir


6. Mempersiapkan dan memeriksa mesin bordir yang hendak kita pakai dan mencoba menggerakkan mesin bordir pada media kain percobaan jika diperlukan.

7. Proses membordir sesuai dengan motif pada media bordir.

8. Membuat krawang dengan alat solder jika mengerjakan bordir secara manual atau apabila krawang tidak dibuat langsung dengan mesin bordir.

9. Bersihkan sisa-sisa benang bordir yang masih melekat dibalik permukaan kain yang sudah dibordir.

10. Menyetrika hasil bordiran (patch) agar terlihat rapi jika dibutuhkan.

Semoga bermanfaat.


Load disqus comments

0 komentar