Selasa, 24 Januari 2017

Padang,Indramayu,Yogyakarta : Kota usaha bordir potensial mana selanjutnya?

Perkembangan usaha bordir ternyata benar-benar memberikan prospek menjanjikan.Hal ini terlihat dari klien-klien kami yang berada di berbagai daerah di Nusantara ini. Usaha bordir yang merupakan usaha skala kecil menengah membuka prospek masa depan yang cerah bagi pelakunya.

Bordir sebagai usaha yang menjanjikan karena merupakan usaha penunjang kebutuhan variasi sandang dan kreasi seni yang akan masih banyak diminati. Kreasi seni yang dimunculkan dalam bordiran biasanya menjadi simbol atau identitas tertentu bagi pemakainya.

Seiring perkembangan jaman, variasi bordir pun semakin banyak dan berkembang. Saat ini sudah tidak lagi fokus pada bordir fashion tetapi juga berkembang ke produk homeware seperti tatakan gelas,tempat tisu,taplak meja hingga sarung bantal.

Yang menarik lagi adalah bahwa di kota-kota di Indonesia memiliki ciri khas dan budaya masing-masing yang memunculkan kreasi-kreasi baru selain motif-motif bordir secara umum seperti untuk label sekolah,no punggung kaos sepakbola, penamaan pribadi atau tag name dan lain sebagainya.

klien mesin-bordir.com di berbagai kota

Sebagai contoh, di kota Padang memiliki ciri khas bordiran mukena. Di kota Tasikmalaya memiliki karakter bordiran yang dipengaruhi religiusitas dan budaya China.Baca kembali -Sentra Bordir di Indonesia, Apakah salah satunya di kota Anda?-

Di Yogyakarta usaha bordir juga memberikan ciri khas tersendiri karena banyaknya pesanan bordir dari sekolah,universitas dan institusi karena identitas Yogyakarta sebagai kota pelajar serta aktivitas kegiatan-kegiatan kreatif yang sering diadakan di kota ini menjadikan pesanan bordir tidak pernah surut.

Ciri khas dan karakteristik di setiap daerah inilah yang akan mempertahankan ciri produk kota tersebut sehingga imbasnya akan menjadikan usaha bordir juga akan menjadi berkembang dan tahan lama.

Berdasarkan rilis berita Tribunnews tahun 2012 -Usaha Bordir Mampu Serap 29.484 Pekerja-, di Jawa Barat yang meliputi berbagai daerah usaha bordir seperti di kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Bandung, Kabupaten Garut, Kabupaten Ciamis, Kota Bogor dan Kota Cimahi, seluruh usaha bordir berjumlah sudah lebih dari 3000 unit dengan penyerapan tenaga kerja lebih dari 29 ribu orang.

Pada perkembangannya menurut Tubasmedia.com - Industri Bordir Tasikmalaya Serap 32.325 Pekerja -,di Tasikmalaya pada tahun 2013, usaha bordir sudah menyerap lebih dari 32 ribu pekerja. Artinya hanya di satu kota terjadi penambahan penyerapan tenaga kerja lebih dari 2000 orang.

Kemampuan usaha bordir menyerap tenaga kerja inilah yang menjadikan usaha bordir memiliki prospek usaha yang berkelanjutan yang tinggi. Tidak sedikit lahir usaha-usaha bordir baru yang dimulai dari orang-orang yang sebelumnya bekerja atau menjadi karyawan usaha bordir besar.

Mengapa usaha bordir menjadi usaha yang menjanjikan bahkan di setiap kota berbeda? Dari ulasan diatas, sedikitnya ada 3 alasan yang bisa memberikan gambarannya, yaitu:

1. Usaha bordir merupakan usaha kebutuhan variasi sandang dan tetap bisa mengikuti perkembangan kreasi dan variasi modern pada berbagai produk. Tidak hanya pada produk fashion tetapi juga diversifikasi produk lain seperti produk rumah tangga (taplak meja,tempat tisu, tatakan gelas dan lain sebagainya.

2. Setiap daerah atau kota memiliki karakteristik dan kearifan lokal masing-masing yang menjadi ciri khas kota tersebut.Usaha bordir akan tetap berkembang sejalan dengan masih kuatnya akar budaya dan sosial di kota tersebut sebagai kerajinan seni daerah.

3. Usaha bordir bisa menyerap tenaga kerja dengan baik karena prospek usaha bisa menjadikan usaha semakin besar dan maju. Hal ini tidak terlepas dari 2 alasan sebelumnya.

Saat artikel ini kami tulis,kami sedang memproses pesanan mesin bordir untuk wilayah kota Pagar Alam, di kota manakah itu??

Nantikan artikel selanjutnya ya.. :)

Load disqus comments

0 komentar