Kamis, 05 Januari 2017

Pilih Mana : Benang Bordir Rayon atau Polyester?


Benang bordir merupakan salah satu komponen yang tidak dapat terpisahkan dari mesin bordir.Sebagai bahan baku yang penting dalam menunjang usaha bordir, pemilihan benang bordir menjadi tolak ukur yang harus dipertimbangkan untuk menjaga kualitas hasil bordiran.

Untuk itu perlu mengetahui dan memahami benang bordir seperti apa yang dibutuhkan secara lebih mendalam agar hasil bordiran sesuai dengan ukuran kualitas serta hitungan biaya produksi. Pada umumnya dikalangan pengusaha bordir, benang bordir yang dipakai terbagi menjadi dua jenis yaitu Rayon dan Polyster.

Apa perbedaan dan keunggulan masing-masing jenis benang tersebut? 

1.Benang Bordir Rayon

Benang jenis ini punya karakteristik gampang putus. Hal ini karena bahan mentah benang jenis rayon yang berbeda dengan benang polyster.Benang jenis ini banyak dipasarkan dengan kemasan cones dengan lilitan atau gulungan kecil. Ada juga yang dalam kemasan gulungan besar namun cenderung lebih sedikit dibandingkan yang dikemas dengan gulungan kecil. Harga benang bordir rayon berkisar Rp.9.000-Rp.11.000.

2. Benang Bordir Polyester

Benang ini jenis benang yang kuat atau alot karena tidak mudah putus jika dibandingkan dengan benang bordir rayon.Selain itu karateristik benangnya mengkilat dari benang rayon sehingga terlihat menarik.Benang jenis ini biasanya dikemas dalam gulungan besar.Harga benang polyster berkisar Rp.13.000-Rp.15.000.

Harga kedua jenis benang tersebut pada tingkat grosir atau agen bisa lebih murah dan harga juga bergantung pada merk benang.Ada beberapa macam merk benang bordir seperti Great Wall Thread, Star Elephant, Unicorn, Double Penguin dan merk lainnya. Yang pertama perlu diperhatikan terlebih dulu adalah jenis benang bordir  sebelum memilih merk.

Selain kedua jenis benang tersebut,saat ini juga ada jenis benang emas dan perak yang biasanya dipakai untuk membordir kebaya, mukena dan peci. Jenis benang ini biasanya rentan putus dan harganya pun lebih mahal dibandingkan dengan benang bordir rayon atau benang bordir polyster. 

Macam-macam merk benang bordir

Penggunaan jenis benang ini akan bergantung pada pertimbangan seperti berikut:

1. Hasil bordir seperti apa yang diinginkan termasuk tahapan detil ketika membordir. Misalkan ingin membordir logo yang berukuran kecil maka lebih dianjurkan menggunakan benang bordir polyester agar tidak terjadi gampang putus pada saat membordir.

Ketika ingin membordir dengan kombinasi warna emas atau perak pun perlu diperhatikan agar kombinasi benang emas atau perak dengan benang jenis rayon dan atau polyester dapat menjadikan bordiran tetap kuat dan indah.

2. Efisiensi harga. Lebih dianjurkan menggunakan benang jenis polyster karena lebih kuat,namun sebagian pengusaha juga mempertimbangkan biaya produksi benang agar orderan jasa bordir memberikan keuntungan secara hitung-hitungan dagang. Dengan cost produksi yang optimal bisa menghasilkan keuntungan yang lebih banyak.

Namun, dianjurkan untuk menjaga kualiatas hasil bordir usaha anda, karena kualitas yang baik akan memberikan keuntungan jangka panjang untuk pelanggan-pelanggan setia usaha anda dikemudian hari.

-----------------
Jika anda berminat membuka usaha sekala industri tekstil bordir manual atau bordir komputer berkelas, maka silahkan menghubungi kami dengan kontak di bawah :

Yusro Widiastomo : 08122747904
Melayani : Penjualan mesin bordir manual dan komputer & juga pelatihan teknik serta operator mesin bordir.

Dengan teknisi berpengalaman lebih dari 5 tahun yang kami miliki, salah satu keunggulan yang kami tawarkan adalah bagaimana anda bisa memiliki mesin bordir bekas berkualitas yang memiliki keunggulan mesin seperti mesin baru.

Kami juga melayani pembelian benang bordir secara grosir dengan harga bersaing dan juga spare part mesin bordir komputer.






Load disqus comments

0 komentar