Selasa, 25 April 2017

Mengintip (Lagi) Kelebihan Bordir Komputer

Harga mesin bordir komputer memang relatif lebih mahal daripada mesin bordir manual.Salah satu yang membedakannya adalah jika membordir menggunakan mesin bordir manual, hasil yang diperoleh bisa lebih artistik dibandingkan menggunakan mesin bordir komputer.

Memproduksi bordir menggunakan mesin bordir komputer lebih fokus kepada volume atau jumlah yang dihasilkan sedangkan memproduksi bordir menggunakan mesin bordir manual lebih bisa menonjolkan sisi kualitas seni atau variasi bordir untuk pemesanan dalam jumlah yang tidak banyak.

Kelebihan dan kekurangan menggunakan mesin bordir komputer dan mesin bordir manual seperti contoh diatas sepertinya sudah banyak diketahui.Berikut ini ada beberapa kelebihan menggunakan mesin bordir komputer yang ingin kami eksplorasi kembali seperti :

1. Kecepatan membordir menggunakan  mesin bordir komputer lebih cepat. Akurasi dan presisi memproduksi bordir dengan mesin bordir komputer lebih tepat sesuai dengan gambar desain bordir yang sudah dipersiapkan.Sehingga untuk menghasilkan permintaan bordir seperti contoh baju seragam yang menekankan hasil produksi yang sama, maka menggunakan mesin bordir komputer merupakan pilihan yang tepat.
produksi bordir mnggunakan mesin bordir komputer


2. Kecepatan menghasilkan omset yang lebih cepat. Jika memproduksi bordir dalam jumlah banyak menggunakan mesin bordi komputer, tingkat perputaran omset bordir lebih cepat karena bisa memproduksi dalam jumlah banyak bahkan dengan waktu produksi yang panjang sampai dengan 24 jam. Dengan waktu kerja yang lama dan hasil kerja yang dihasilkan cepat, omset pun akan lebih cepat didapat.

Hal ini berbeda jika memproduksi menggunakan mesin bordir manual yang cenderung banyak memakan waktu. Sebagai contoh : jika mengerjakan 100 pesanan bordir menggunakan mesin bordir komputer 12 kepala.Satu kali produksi adalah 12 item yang dibordir.Maka hanya membutuhkan 9 kali naik produksi. Jika 1 kali produksi membutuhkan waktu 15 menit, maka waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan 100 orderan bordir adalah sekitar 135 menit (15 menit x 9 kali produksi) atau hanya sekitar 2 jam kerja.

Jika 1 bordiran seharga 20 ribu rupiah, maka omset nya adalah 20 ribu x 100 = 2 juta rupiah. Jadi dalam waktu lebih kurang 2 jam sudah mungkin menghasilkan omset 2 juta rupiah. Bagaimana jika jam kerja produksi minimal 10 jam kerja? Berapa omset yang bisa dihasilkan ?? Anda bisa mencoba menghitungnya sendiri..:)

3. Jika memproduksi bordir dengan mesin bordir komputer, anda tidak membutuhkan banyak karyawan. Jumlah karyawan cukup 2-4 orang saja. Asumsinya adalah minimal 1 orang operator dan 2 sampai 3 orang pekerja membantu merapikan bahan yang akan dibordir atau menyusun hasil bordir. Kondisi ini bisa menyesuaikan sesuai dengan jumlah kepala mesin bordir komputer yang anda punya. Anda pun mungkin saja bisa berperan sebagai operator mesin jika ingin menghemat biaya karyawan. Pengusaha bordir yang sukses pun banyak berawal dari bisa menjadi operator mesin terlebih dulu.

Itulah 3 kelebihan jika memproduksi bordir menggunakan mesin bordir komputer.Potensi usaha jasa bordir memang menjanjikan hasil yang besar jika anda serius dan tekun menjalaninya.
Load disqus comments

0 komentar